Kamis, 30 Juni 2011

Thai Trip (3) : The Beautiful Phi Phi

Ini tulisan ketiga saya tentang perjalanan di Phuket, Thailand...

7 Juni 2011, Saya sampai ke Phi Phi Island...yippiii, senangnyaaa, dream come true adn my wish list berkurang satu. Akhirnya saya merapat juga di salah satu tempat impian saya ini.....

Saya menuju Phi Phi dengan paket one day tour yang dipesan di Phuket. Pilihanya untuk tour 1 hari bisa menggunakan Big Boat (sekitar 300 orang) atau Speed Boat (30 orang). Kami memilih memakai speed boat, lebih mahal 300 bath gak papa lah...Soalnya pakai Big Boat katanya gak bisa merapat ke pantai. Mesti berenang sendiri...Jadilah paket tour ke Phi-Phi seharga 1200 bath/orang kami pesan. itu udah termasuk mobil antar jemput hostel-darmaga, speedboat, makan siang, alat snorkling, buah-buahan, kue, minuman dan life jacket serta guide.


-Phi Phi adalah kepulauan di Laut Andaman. Pulau terbesarnya dan satu-satunya yang berpenghuni adalah Phi-Phi Don. Jaraknya sekitar 50 km dari Phuket. Dapat di capai juga dari Krabi. Phi phi masuk kedalam wilayah Propinsi Krabi dan sebagian besar penduduk aslinya adalah muslim.-

Dari pelabuhan Rassada di Phuket, perjalanan Speed Boat katanya memakan waktu sekitar 1 jam. Kalau pakai big boat katanya dua kali lipat lamanya. Kita dapat tempat duduk di dek, lumayan bisa berjemur dan menghitamkan (baca : menambah eksotis) kulit..*mau diitemin segimana lagi yah kulit gw?hihi.

Ok, Let's sail captain Jack!Bawa Black Pearl-mu menuju Phi Phi bersamaku...yuhui..

Sepanjang perjalanan, sekitar 50 km Phuket - Phi Phi saya terus memikirkan seperti apa nanti di Phi Phi...Dibuaii goyangan kapal yang ajrut-ajrutan meerabas ombak saya menerka-nerka, apakah seindah bayangan saya, apakah Phi-phi seindah 'secret beach' yang di sajikan film 'The Beach'…ooh..Dan mendekati Maya Bay, tujuan pertama bayangan keindahan itu mulai berubah menjadi nyata. Air laut tenang menghijau, batu-batuan raksasa menjulang tinggi menjadi hidangan pembuka. Laut disekitar Phi-phi cukup tenang waktu itu, ombaknya juga gak gede

Dan this is it, Maya Bay Saudara-saudara. Lebih cantik dan sexy dari Farah Quinn...!

Pengen teriak rasanya. Jantung saya berdetak kencang, mata saya langsung terbuai begitu melihat indahnya Maya Bay. Banyaknya orang tak mengurangi keindahan pantai itu...Ah, indahnyaaa....tuing-tuing..
Maya bay terletak di Phi Phi Ley sebuah pulau di selatan pulau Phi Phi Don (Pulau Utama). Pulau ini tidak berpenghuni dan tidak ada akomodasi disini sebagian besar pulau hanya berupa bongkahan karang terjal, pantainya juga tak terlalu luas. Maya bay terletak agak kedalam terlindung oleh 2 karang besar yang mengapit jalan masuk, sehingga hampir tidak gulungan ombak yang bisa menyentuh pantai nan indah itu, laiknya kolam raksasa nan indah. Dua batu karang itu juga laksana pintu gerbang yang menjadi favorit objek pemotretan…*Gayus aja pernah mejeng disitu, gak mau kalah dong sayah…(Dia pakai duit korupsih saya pakai duit ngutang ke emak..hehe)

Katanya, Maya Bay sudah menjadi taman nasional dan setiap orang yang menginjakan kaki di disitu dipungut uang pengelolaan. Tapi sepertinya itu sudah satu paket dengan tour kami. Maya, konon juga tempat yang cukup sakral. Ada bekas-bekas pedupaan tampak di pojok-pojok pantai. Beruntung kita memilih Speed boat sehingga bisa berlabuh di pantai sedangkan ferry dan kapal besar lainnya hanya bisa berhenti sekitar 500 m dari pantai dan harus berenang atau kayaking kalau mau merapat ke pantai..

Ah...Pasir putih nan lembut bak karpet merah yang membuat terlena saat kita menginjakan kaki di Maya. Serasa mau lari dan mulai motret sana-sini. Byur...cibang cibung.

Puas motret, saya mencoba menyusuri ke dalam sambil nyari tempat kencing. Asli, jd ngerasa kayak Leonardo di Caprio nyusurin pulau itu, yang kurang cuma ladang ganja-nya aja..hehe. Sayang waktu yang diberikan cuma 45 menit.. Lanjut perjalanan lagi...

Monkey Beach. Ok, Phuket Siam Seacanoe nomor 89 membawa kami ke pantai kecil berpenghuni saudara jauh. ..Ya, monkey beach memang banyak dihuni monyet. Ratusan jumlahnya, jinak-jinak..mereka dengan sukahati mengambil makanan atau minuman yang kita berikan. Ada juga yang galak sih..cukup mabelas menit lah

Viking Cave. Masih di Phi Phi Ley, ada sebuah gua di dinding karang yang cukup eksotis. Kita tak boleh turun, cuma melihat dari jarak sekitar 10 meter. Kata pemandunya gua itu dilindungi pemerintah, didalamnya juga banyak koloni walet yang sarangnya berharga mahal. Tampak dari luar gua itu memang seperti pernah dijadikan tempat tinggal atau tempat pertahanan bajak laut. Dari namanya viking cave, sepertinya ada pelaut Viking yang pernah tinggal di situ. saya nanya ke pemandu tapi gak ada jawaban yang jelas tetapi rasanya tidak mungkin pelaut Viking dari daratan Skandinavia sana nyampe ke Phi-phi..Tetapi yah sapa tahu?

Sebelum makan siang kapal kami berhenti di tengah laut. Seluruh penumpang di beri satu alat snorkling dan life jacket untuk melihat keindahan bawah laut Phi-Phi. Mantaap....ikan-ikan dan karang warna-warni tampak jelas. Berbekal roti yang diremukan, ikan-ikan itu akan mengerubutimu..ah, geli-geli seru..hehe
Sekitar 30 menit bersnorkling ria ternyata cukup menguras tenaga. Mereka memang bisa aja menset waktunya, lapar dan haus begitu mendera, kita dibawa ke Phi Phi Don (Pulau utama di Phi-Phi) untuk makan siang. Dan menu-nya tak mengecewakan. Nikmatttt....hidangan yang disajikan di meja berputar tandass. Nasi sampai nambah 3 kali. Bule yang satu meja sama kita aja makanya dikit, kita makanya banyaaakkk banget..hehe.

Usai makan siang, kita diberi waktu jalan-jalan di Phi-Phi Don kurang lebih 1 jam. Itu adalah satu-satunya pulai di Phi-phi yang berpenghuni. Disini juga tempat akomodasi utama di Phi-Phi. Ramai banget. Lebih menyerupai kampung bule..saya liat2 rate hotel disini emang dua kali lipat di Phuket cuma sepertinya pantas menilik tempatnya.

Usai makan dan jalan-jalan, lanjut ke destinasi terakhir di Phi Phi, Khai Beach. Ah, ni pantai keren banget deh..Orang bisa dengan santainya tiduran di pasir putih lembut dan hangat....Saya ngapain yah?Liat-liat benar dan snorkling lagi..airnya jernih, pantainya bersih, ikan2nya warnah-warnih….betah sekalih!
Usai snorkling, jalan2, poto2, es krim magnum, es kelapa….aaah, surga dunia..siku berdarah jatuh dikarang biarin!hehe

Phi Phi someday I'll come to you...again!Dan gw akan skip Phuket, langsung ke Phi Phi aja ah….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar